Selasa, 07 Juli 2009

Assafinah Fun Trip

Assafinah fun trip, itulah nama yang digunakan untuk menamai suatu kegiatan berupa tafakur alam yang diadakan oleh anak-anak kajian jurusan teknik perkapalan. Sesuai dengan kegiatannya yaitu tafakur alam, kegiatan ini berupa sebuah camping/muqoyam yang diadakan didaerah wisata bumi perkemahan bedengan, Malang. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari satu malam yaitu pada tanggal 23-24 juni dan diikuti anak-anak kajian assafinah mulai dari angkatan 2008-2006. Kegiatan yang dilakukan untuk menikmati sekaligus mensyukuri karunia Allah SWT berupa keindahan alam ini akhirnya berakhir sudah. Namun kegiatan yang melelahkan dan menyenangkan ini pasti masih membekas dalam ingatan maupun hati para pesertanya. Banyak hal-hal yang lucu, unik dan menarik yang dialami selama kegiatan ini berlangsung.

Pada hari pertama para peserta dijadwalkan kumpul pada jam 6 pagi. Namun kenyataannya banyak dari mereka yang baru datang pada jam 7 pagi. Biasalah anak Indonesia.. he..he.. Kegiatan ini tergolong unik karena berbeda dari kegiatan camping lainnya. Umumnya kegiatan semacam ini pastilah menyewa angkutan baik berupa truk ataupun mobil untuk menuju ke tempat tujuan. Namun tidak dengan assafinah fun trip. Kami berangkat naik kereta menuju malang setelah itu naik angkot sampai oper dua kali untuk mencapai tempat tujuan. Biaya yang dibutuhkan hanya Rp.20.000 untuk perjalanan pergi dan pulang.

Kejadian menarik terjadi saat kami tiba di stasiun. Megaphone yang dibawa salah satu peserta muqoyam berbunyi dengan nyaringnya. Otomatis kami menjadi pusat perhatian orang-orang yang ada distasiun, ditambah lagi barang bawaan kami yang beraneka ragam mulai dari kompor sampai dengan bola. Sialnya megaphonenya berbunyi beberapa kali entah karena tertekan atau apa, yang pasti kami terus-terusan menjadi pusat perhatian. Sayapun menjauh dari rombongan dan pura-pura tidak kenal dengan mereka karena merasa malu karena tingkah para peserta yang terlihat ndeso, kampungan dan katrok itu.he..he..

Setelah tiba dimalang kamipun segera mencari angkot untuk segera menuju tempat perkemahan. Setelah naik sampai oper dua kali, akhirnya tibalah disuatu daerah yang bernama selorejo. Tempat perkemahan yang kami tuju masih jauh dari tempat kami berdiri saat itu sehingga kami harus berjalan karena tidak ada angkutan yang menuju kesana. Sebelum berangkat kami sholat dhuhur dulu dimushola dekat situ dan makan diwarung yang berada tepat disamping mushola. Maklum karena dari pagi saya belum makan, entah dengan teman-teman yang lainnya yang pasti mereka juga makan dengan lahapnya.

Setelah itu kami mulai berjalan menuju tempat tujuan. Perjalanan yang jauh serta menanjak ditambah beban berat yang kami bawa, membuat kami harus beristirahat berkali-kali selama perjalanan. Namun kelelahan yang amat sangat itu terbayar karena kami berjalan bersama-sama sehingga rasa lelah tidak menjadi masalah. Selain itu pemandangan yang sangat indah membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan walaupun sangat melelahkan.

Setelah berjalan sangat jauh akhirnya datanglah salah satu panitia assafinah fun trip dengan mengedarai sepeda motor. Lega rasanya karena barang-barang yang sangat memberatkan dibawa satu persatu menggunakan motor dan akhirnya kamipun tiba di tempat perkemahan. Kamipun beristirahat sejenak sambil menunggu panitia yang belum tiba disana. Ternyata semua panitia yang berangkat naik motor kesasar sewaktu dalam perjalanan. Sungguh mengherankan dan menggelikan memang. Panitia yang sudah pernah survey di lokasi tersebut dan seharusnya tiba duluan sebelum para peserta datang malah kesasar.

Setelah beristirahat beberapa menit kamipun segera mendirikan tenda. Kami membuat dua tenda. Tenda pertama ditempati oleh anak-anak 2008 sedangkan tenda kedua ditempati anak-anak 2007 dan 2006. Setelah tenda berdiri kami melakukan sholat berjamaah, setelah itu kami masak menggunkan peralatan dan bekal yang kami bawa.

Materi pertamapun kami terima dari seorang mahasiswa UB jurusan Ilmu computer yang sengaja diundang untuk mengisi materi. Mahasiswa angkatan 2005 itu memberikan materi tentang peran pemuda dalam pembentukan suatu peradaban. Menarik sekali apa yang disampaikan oleh beliau. Kamipun terkejut saat beliau berkata kalau beliau sudah berkeluarga.

Malampun tiba. Udara yang sangat dingin berhembus. Walaupun kami sudah memakai jaket namun kami tetap merasa kedinginan. Mungkin suhu saat itu sekitar 18 derajat celicius.

Materi kedua kami dapat setelah malaksanakan sholat isya’ yang disampaikan oleh mahasiswa UB jurusan sastra inggris. Mahasiswa yang juga angkatan 2005 inipun memberikan materi tentang manajemen organisasi. Materi berakhir sekitar jam 21.12.

Kamipun segera menuju tenda dan tidur. Kami bergantian berjaga dan untuk shift pertama yang jaga adalah zendi dan pondra. Merekapun berjaga sambil memasak berbagai macam makanan. Shift kedua dijaga oleh afif, erik dan ayik. Namun si pondra dan zendi tidak tidur melainkan ikut berjaga sambil kembali membuat beraneka ragam makanan. Baru setelah saat aku dan deny yaitu pada saat shift ketiga berjaga si pondra dan zendi tidur. Saat aku bejaga denga deni ternyata ayik juga ikut berjaga. Kami bertigapun bercerita tentang berbagai macam hal mulai dari dunia islam, keajaiban al-qur’an, pesona alam semesta, membedah berbagai macam jenis hadist, misteri sampai dunia makanan dan game pun tak luput dari pembicaraan kami.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 02.30. Panitia membangunkan kami untuk melaksanakan materi ketiga yaitu operasi militer. Kami dibagi menjadi tiga kelompok dan tiap kelompok harus menuju ke tiga pos yang sudah disiapkan untuk menerima materi. Medan yang berat, suasana yang gelap gulita serta penerangan yang tidak memadai membuat kami berkali-kali terpeleset terutama saat menuju ke pos dua yang berada diatas bukit.

Adzan shubuh berkumandang, kamipun segera sholat berjamaah. Setelah itu kami melakukan muhasabah/perenungan terhadap perbuatan yang telah kai lakukan selama ini, Ditengah-tengah suasana perenungan yang sunyi, haru, dan penuh kekusyukan itu salah seorang dari peserta kentut dengan suara kentut yang mendayu-dayu. Tak khayal suasana pun berubah drastis. Kamipun berusaha menahan tawa dan terus melanjutkan muhasabah namun ada juga yang tidak bisa menahan tawa sehingga suara tawa yang ditahannya itu tedengar. Hal itu memancing peserta lainnya sehingga banyak yang tidak bisa menahan tawa termasuk saya. Suara tawa yang kami tahanpun terdengar .

Pagi telah menyapa, kamipun segera melanjutkan acara selanjutnya yaitu outbound. Kegiatan ini diisi oleh berbagai macam game. Setelah itu kami bermain disungai. Sungai dengan arus yang cukup deras Karena terdapat banyak bebatuan disana. Tak sedikit juga dari panitia maupun peserta yang ada mandi disungai tersebut. Setelah itu kami kembali ke tenda dan bersiap-siap untuk perjalanan pulang.

Hal yang lucu dan menarik diperlihatkan oleh salah seorang peserta muqoyam, sebut saja bunga. Diawal kegiatan telah dijelaskan peraturan yang harus dan dilarang untuk dikerjakan selama kegiatan muqoyam berlangsung. Apabila dilanggar maka sebagai hukumannya harus push up sebanyak lima kali. Salah satu peraturannya adalah tidak boleh berkata kotor. Nah, si bunga ini berkali-kali kelepasan berbicara kotor. Mungkin sudah kebiasaannya sehingga dia sering menyisipkan kata-kata kotor saat bicara. Lucu memang melihatnya, dia push up banyak sekali mungkin lebih dari lima puluh kali.

Setelah semua dibersihkan dan dibereskan, kamipun bersiap untuk melakukan perjalanan pulang. Tak seperti saat berangkat, perjalanan pulang tersa lebih cepat dan tidak melelahkan. Mungkin karena beban yang sudah banyak berkurang. Kamipun tiba di stasiun gubeng Surabaya sekitar pukul 15.30 kemudian kamipun pulang kerumah ataupun ke kos masing-masing