Minggu, 14 Juni 2009

Taukah Anda?

Anda memiliki 200 tulang yang tersusun dengan sangat rumit, 500 otot yang terkoordinasi dengan sangat baik , dan 11,3 km serat saraf untuk menggerakkan tubuh?

Di dalam tubuh Anda trdapat energi atomic yang cukup untuk membangun kota – kota terbesar di dunia berkali – kali?

Jantung Anda berdenyut sekitar 36juta kali setiap tahun, memompa 2.274000 liter darah melalui 96.000 km arteri, vena, dan kapiler?

Darah yang beredar dalam tubuh manusia mengandung 22 miliar sel darah? Di dalam setiap sel darah terdapat jutaan molekul, dan dalam setiap molekul terdapat ato yang berosilasi lebih dari 10 juta kali per detik.
Dua juta sel darah matidalam setiap detik? Dan ini segera digantikan oleh dua dua juta lagi?

Sistem penciuman manusia dapat mengenali bau kimiawi sebuah benda dalam satu bagian per triliun udara?

Di seluruh tubuh manusia terdapat 500.000 sensor sentuhan?

Mulut Anda adalah laboratorium kimia paling canggih yang pernah dikenal di planet ini? Dengan menggunakan kombinasi sensasi rasa manis, asin, dan pahit serta aroma, mulut dapat mengenali lebih dari satu miliar rasa yang berbeda.

Singkatnya Anda keajaiban yang hidup!


Dikutip dari BUKU PINTAR MIND MAP
by Tony Buzan

Secara fisik berat otak manusia berkisar antara 1,5-2. Otak terdiri dari sel – sel yang tersusun oleh oksigen dan glukosa. Secara alamiah, setiap manusia terlahir dan dianugerahi lebih dari 1trilliun sel otak, yang terdiri dari 100 miliar sel otak aktif dan 900 miliar sel pendukung. Jadi hal itu merupakan jawaban dari sebuah rahasia, mengapa manusia mendekati kesempurnaan. Di dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa ‘mengapa manusia lebih baik daripada binatang?’ adalah terletak dari kesempurnaan akalnya.
Penelitian yang telah dilakukan Antony Robin menunjkkan bahwa berat otak manusia yang berkisar 1,5-2 kg ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa, antara lain sebagai berikut.
Mengontrol denyut jantung 100.000 kali per hari tanpa disadari.
Memompa kurang lebih 25.000 liter darah setiap hari melalui pembuluh darah yang panjangnya mencapai 100.000 km (apabila ujung – ujungnya disambung satu sama lain)
Memungkinkan mata dapat membedakan lebih dari 10 juta warna.
Memberikan 25 ton daya tarik kekuatan otot apabila seluruh otot disalurkan ke arah yang sama.
Keberadaan otak merupakan wujud nyata yang menunjukkan bahwa manusia diciptakan secara lengkap dan nyaris mendekati kesempurnaan. Hal ini menjadi bukti bahwa Allah juga membebakan manusia untuk merancang sendiri kehidupan,tapi dengan seluruh konsekuensi dan tanggungjawab.

Hai manusia, engkaulah yang berkehendak atas diri – Ku(Q.S. al-fathir(35) : 15)

Muhammad Iqbal, seorang pujangga islam, menggambarkan ini dengan mengatakan ‘Khudi ko kar belland itna kihhar taqdir si pahle, khudi gandi skhud puche batu niza kiya hate’(bangukanlah pribadimu demikian hebat dan jayanya, sehingga sebelum Tuhan menentukan taqdirnya bagimu, sudilah Dia bermusyawarah denganmu dulu, apakah kehendakmu sebenarnya).

HATI

Secara fisik, hati merupakan sebuah kelenjar yang terbesar dan salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh kita. Hati ibarat sebuah pabrik kimia terbesar dalam tubuh manusia. Berat hati berkisar antara 1,5-2 kg,berwarna merah tua, berserat sangat halus, dan empuk. Hati dapat melakukan lebih dari 500 macam proses.
Darah melewati hati melalui pembuluh balik. Pada saat darah telah melewati hati, secara otomatis hati membersihkan dan menetrakan sema racu dan kotoran yang terkandung di dalam darah. Hati juga menyimpan viami da mineral yang dipelukan tubuh. Manusia tidak akan hidup jika hatinya tidak berfungsi.
Menurut ilmu hakekat, hati diartikan sebagai lubuk terdalam dari segumpal darah dari keajaiban. Hati merupakan pusat dari segala panca indera manusia. Hati sangat peka, halus, dan lembut. Hati dapat melihat dan merasakan sesuatu yang tidak terlihat oleh mata. Hati merupakan sumber penglihatan dan pendengaran serta perasaan yang sangat dalam.
Kemampuan hati yang demikian, ditentukan oleh kebersihan hati pemiliknya. Sebab, bila hati busuk (kotor), selalu menyakiti orang lain, melakukan kejahatan, menghukum tanpa alasan, melakukan balas dendam, dan memfitnah orang lain. Maka dari itu, hati perlu dibersihkan terlebih dahulu..
Debu – debu serta abu yang menghinggapinya harus dibersihkan terlebih dahulu, dibersihkan, disucikan, dan dimandikan. Agar hati menjadi bening seperti kaca dan dapat menerima pantulan cahaya kebaikan.

"Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk rupamu dan hartamu, tetapi melihat atau memperhatikan hati dan perbuatanmu".(HR:Muslim dan Ibnu Majah)

Al-Ghazali mengibaratkan, hati adalah seuah rumah. Si pemilik dapat ‘menyimpan’ malaikat dan dapat pula memelihara anjing di dalamnya. Jika ia memelihara anjing, maka ia akan selalu menyakiti orang lain. Lidahnya akan lebih tajam dari pada pisau cukur, lebih berbisa daripada ular kobra. Sifat ke-anjing-an ini disampaikan oleh hadist berikut.

‘Malaikat tidak masuk ke dalam rumah orang yang memelihara anjing’

Bahasa simbol ini dapat kita pahami bahwa kebenaran tidak akan masuk ke dalam diri orang yang memelihara kedengkian, syirik, dan kejahatan. Rumah adalah simbol dari jasad manusia. Penghuni rumah itu adalah roh, cahaya yang sangat halus dan bening. Dialah yang menghadap kepada Yang Mahasuci sebagai hasil usahanya dalam membersihkan diri dari semua kotoran yang menempel.
Bila kita sudah mengenali diri sendiri dan membersihkan hati, maka kita akan mudah mengenal Allah. Kita akan berjalan ibarat seorang raja memasuki kerajaan yang sangat indah, penuh dengan hiasan dan dijaga oleh ribuan penjaga.

Apabila seseorang hendak mengenal Tuhannya, maka ia harus mengenal akan dirinya.


Dikutip dari buku
Pumping Talent
Memahami Diri, Memompa Bakat
by Amir Tengku Ramly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisikan komentar disini: